Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Letak Nomor Resi Pengiriman Kantor Pos

Cara Cek Letak Nomor Resi Pengiriman Kantor Pos_Apa itu nomor resi pos?, di mana letak nomor resi/barcode pada kertas bukti pengiriman pos?_Nomor resi pos yaitu nomor bukti pembayaran yang ada pada kertas bukti pengiriman barang yang dikirim lewat kantor pos baik jenis pengiriman "Surat Kilat Khusus" maupun "Paket Pos Biasa/Kilat". Sobat pembaca, saat antara penjual dan pembeli sudah melaksanakan transaksi barang dalam jual-beli online baik lewat internet maupun sms, maka langkah selanjutnya yaitu si penjual melaksanakan proses mengirim barang lewat jasa pengiriman, dalam hal ini lewat jasa pengiriman kantor pos.
Cara Cek Letak Nomor Resi Pengiriman Kantor Pos Cara Cek Letak Nomor Resi Pengiriman Kantor Pos
Saat penjual/pengirim barang telah mengirim barang lewat jasa pos Indonesia, maka sebaiknya si penjual memberi tahu nomor resi pengiriman pos kepada pembeli, biar si pembeli merasa nyaman dan dapat mengecek proses pengiriman barang yang dibelinya melalui cek resi pos secara online.

Jika si penjual belum menginformasikan nomor resi, sebaiknya si pembeli menanyakannya kepada penjual. Hal ini penting dilakukan biar kedua pihak sama-sama merasa lega dan yakin bahwa barang yang dikirim dapat diketahui status pengirimannya hingga atau belumnya.

Nah, bagi Anda yang terbiasa jual beli online dan pernah mengirim lewat pos tentunya sudah mengetahui letak nomor resi yang dapat dimasukkan pada cek resi pos online itu yang mana, namun masih ada sebagian orang yang gres menjadi penjual atau pembeli yang belum mengetahui letak nomor resi pos. Untuk itu, di halaman ini saya tunjukkan letak nomor resi bukti pembayaran pengiriman pos, sebagai berikut.

Saat Anda mengirim barang lewat Surat/Paket kilat di kantor pos, maka pegawai kantor pos akan menciptakan bukti pembayaran pengiriman barang. Di mana, jenis bukti pembayaran pengiriman barang yang dibentuk oleh pos ada 2 macam.

1. Letak Nomor Resi di Bukti Pembayaran Pengiriman yang Ditempel pada Barang Kiriman
Cara Cek Letak Nomor Resi Pengiriman Kantor Pos Cara Cek Letak Nomor Resi Pengiriman Kantor Pos
Bukti pembayaran ini berupa kertas putih lengkap dengan label barcode dan nomornya, yang selanjutnya ini disebut dengan nomor resi. Selain tertera di label barcode, nomor resi=No.barcode juga tertulis di kertas bukti pembayaran. Nomor resi pos terdiri dari 11 digit angka, contoh: 15193075543

2. Letak Nomr Resi/No. Barkode di Bukti pembayaran Pengiriman Barang yang Diberikan kepada Pengirim (kita)
Cara Cek Letak Nomor Resi Pengiriman Kantor Pos Cara Cek Letak Nomor Resi Pengiriman Kantor Pos
Bukti pembayaran pengiriman yang diberikan oleh petugas pos ke pengirim, biasanya berupa kertas duplikat warna kuning dan/atau warna lainnya. Di bukti pembayaran pengiriman jenis ini juga sama dengan bukti pembayaran yang ditempel pada barang kiriman, yakni memuat nama dan alamata pengirim maupun yang dikirim, rincian biaya pengiriman, nomor resi/no.barcode, dan keterangan lainnya.  Bedanya hanya tidak adanya label barcodenya.

Demikian tentang letak nomor resi pos yang dapat kita gunakan untuk mengecek status pengiriman barang yang dikirim lewat jasa kantor pos. Semoga bermanfaat.
Sumber https://www.mediailmupengetahuan.com/