Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Merawat Action Figure, Agar Tetap Awet Seperti Baru

image source: nitroboostfitness.ca
Bagaimana cara kita merawat dan menjaga action figure agar tetap awet? Walaupun termasuk dalam bangsa mainan, namun nyatanya hampir seluruh action figure hanya dijadikan sebagai benda koleksi. Action figure umumnya akan diletakan di suatu ruangan, etalase, kamar, atau meja kantor sebagai pajangan dan mood booster. Setiap benda pasti dapat mengalami kerusakan. Termasuk action figure ini. Namun terdapat beberapa hal yang dapat kamu upayakan untuk menjaga keawetan kondisi action figure milikmu. Apa saja? Baca selengkapnya di bawah!

1. Jangan ditempatkan di lokasi yang terpapar sinar matahari langsung.
Bukannya takut meleleh. Namun cat dan warna pada material action figure akan berkurang kualitasnya jika terpapar sinar matahari secara berkala. Cat akan mengelupas, atau warnanya akan memudar. Jika sudah terjadi, maka restorasinya akan sulit, karena hal ini tidak bisa diatasi dengan cara dicuci. Cara mengatasinya bisa dengan cara dicat ulang. Namun hanya para expert-lah yang mampu menghasilnya pewarnaan yang bagus. Bagi kita yang awam, lebih baik mencegah hal ini terjadi.


2. Jauhkan dari faktor-faktor yang dapat merusak action figure.
Jauhkan dari bahan-bahan seperti bensin atau minyak, jika kamu tidak mau action figure milikmu rusak. Jangan ditempatkan di dekat sumber panas. Jangan diletakan pada lokasi yang lembab, karena dapat memicu tumbuhnya jamur atau karat pada action figure dan aksesorisnya yang berbahan besi/metal. Dan jauhkan juga dari jangkauan anak kecil (ini yang paling penting dari yang terpenting hhehe..)

 Bagaimana cara kita merawat dan menjaga action figure agar tetap awet 5 Cara Merawat Action Figure, Agar Tetap Awet Seperti Baru
membersihkan action figure dengan kuas (img source: toyboxcollection.com)

3, Bersihkan Secara Secara Rutin.
Sebagai pajangan atau barang koleksi, umumnya action figure akan ditempatkan pada satu lokasi dalam waktu yang lama. Bisa dipastikan partikel debu dan jenis kotoran lainnya akan mulai berdatangan sedikit demi sedikit. Jika sudah terlalu banyak, maka debu ini akan membuat tampilan action figure menjadi tidak sedap dipandang. Bahkan diruang tertutup pun action figure tetap dapat terlihat kotor dan kusam jika tidak dibersihkan dalam waktu yang cukup lama. Untuk cara pembersihannya dapat kamu lakukan sesuai dengan kondisi. Jika hanya terdapat debu halus, kamu bisa membersihkannya menggunakan kuas. Namun jika sudah terlihat kusam (seperti warnanya yang mulai kekuningan) maka kamu harus membersihkannya dengan cara dicuci atau di-lap menggunakan cairan pembersih.

Baca juga:
4. Jangan terlalu sering dibongkar-pasang atau mengerak-gerakan atrikulasinya (joint)
Ada action figure yang memiliki beberapa part alternatif dan juga aksesoris tambahan. Contohnya saja pada Nendroid. Jika sering dilepas pasang, maka seiring waktu part-part ini akan mulai kendur dan sulit untuk mengunci satu sama lain. Sama juga dengan action figure yang memiliki artikulasi gerak (joint), contohnya pada Figma. Jika bagian artikulasinya sering kamu gerakan, maka lambat laun bagian ini akan mulai kendur. Memang untuk masalah artikulasi gerak yang mulai kendur/longgar masih relatif mudah untuk diperbaiki. Namun diluar itu semua, kamu memiliki pilihan untuk menjaganya tetap awet.


5. Jangan disimpan dengan cara dicampur/ditumpuk bersama benda lain.
Jika kamu ingin menurunkan action figure dari lokasi displaynya (misalnya saja menunggu pemasangan etalase baru, atau ingin pindah rumah), maka jangan tempatkan action figure di dalam sebuah boks yang di dalamnya bertumbuk juga mainan atau benda-benda lain. Karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada action figure. Misalnya saja lecet, patah, atau kusut pada bagian rambut (jika ada). Jika kamu tetap ingin mencampurnya dengan benda-benda lain di dalam satu boks, maka lapisi dahulu action figure dengan boks kecil, styrofoam, atau bubble wrap untuk meminimalisir kerusakan.

Penutup
Saat kita mulai mengkoleksi action figure, maka secara langsung ataupun tidak langsung kita akan dituntut untuk disiplin dalam hal perawatannya. Seperti yang terjadi pada benda koleksi lainnya, apa terjadi pada action figure milikmu akan menjadi indikator kepribadianmu sendiri. Jadi, dengan menjaga mainan ini agar tetap awet, sadar atau tidak, kamu belajar untuk melakukan hal-hal positif. Contohnya saja dalam hal kedisiplinan dan tanggung jawab. Dan itu baik untukmu. Beginian aja ga dirawat, gimana mau punya pacar?! hhehe.. (just joking) Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di weakwings.blogspot.com dan tinggalkan komentar di bawah. Sankyu.

author: Akira Asayami
  
Sumber https://weakwings.blogspot.com/