Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti No Hp Pada Aplikasi Bpjstku Dan Layanan Sms 2757 Bpjs Ketenagakerjaan

Kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengubah nomor handphone di akun aplikasi BPJSTKU (aplikasi pengganti BPJSTK Mobile), termasuk juga cara merubah nomer henpon yang kita gunakan untuk Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek.

Tentunya mempunyai nomer HP pribadi yang valid dan masih aktif mutlak dibutuhkan bagi penerima BPJS Ketenagakerjaan yang ingin memperoleh aneka macam layanan BPJS Taman Kanak-kanak online. Misalnya ketika menciptakan akun BPJS TK, kita wajib mensubmit nomor henpon untuk aktivasi. Baik akun yang dibentuk melalui layanan E-Service pada Website BPJS Ketenagakerjaan, maupun yang dibentuk lewat Aplikasi BPJSTKU di smartphone android, semuanya membutuhkan nomor henpon untuk aktivasi.

Selain untuk aktivasi, nomer HP yang kita submit tersebut juga mempunyai kegunaan untuk mereset PIN seandainya sewaktu-waktu kita lupa dengan PIN atau password untuk login ke akun BPJS Ketenagakerjaan kita. Maka dari itu, dibutuhkan no hape aktif dan valid milik pribadi, bukan memakai nomor hp orang lain.

 Kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengubah nomor handphone di akun aplikasi BPJSTKU Cara Mengganti No HP Pada Aplikasi BPJSTKU dan Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan

Untuk diketahui, akun BPJSTK sendiri dapat dipakai untuk cek saldo JHT lewat internet, mengetahui rincian saldo, melihat aneka macam kegiatan BPJS Ketenagakerjaan, dan aneka macam fitur lainnya. Dan yang paling penting dan dikala ini semakin banyak dimanfaatkan peserta, yaitu untuk mengajukan pencairan JHT secara online melalui e-Klaim JHT. Tanpa akun BPJS TK, penerima tidak akan dapat klaim saldo JHT-nya secara on-line.


Kemudian Layanan SMS BPJS Ketenagakerjaan 2757, -yang terdiri atas beberapa layanan ibarat cek saldo JHT, ganti PIN dan cek status kepesertaan masih aktif atau sudah nonaktif-, juga memerlukan no hape untuk registrasi, kemudian juga untuk terus menggunakannya. Sebenarnya hal ibarat ini tidak perlu klarifikasi mendetail. Sebab namanya saja sudah layanan via SMS, tentu saja membutuhkan nomor telepon seluler yang masih hidup untuk dapat menjalankannya.

Lalu bagaimana kalau nomer handphone yang kita gunakan untuk pendaftaran sudah non aktif, contohnya alasannya ialah lupa isi ulang pulsa sehingga tau-tau nomernya sudah mati. Atau ponsel kita hilang. Atau kartu SIM hp kita rusak atau diblokir. Atau kita memang ingin membuang no yang usang dan ganti no hape dengan nomor yang baru. Bisakah kita pendaftaran Layanan SMS 2757 atau menciptakan akun BPJS Taman Kanak-kanak lagi dengan nomor yang baru?

Jawabannya ialah tidak!

Jika no KPJ/nomor tumpuan kartu BPJS ketenagakerjaan sudah pernah kita daftarkan pada Layanan SMS 2757, kita tidak akan dapat pendaftaran lagi. Maka untuk tetap dapat memakai Layanan SMS 2757 kita cukup merubah no usang (nomer yang kita gunakan untuk registrasi) dengan no yang baru. Caranya gampang yaitu dengan mengirim SMS ke 2757 dengan format:

DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)NO_HP_Baru#NO_HP_LAMA#NO_KTP


Kirim ke 2757

Contoh:

DAFTAR GANTI 081213141516#085857565554#1401073010890002


Kirim ke 2757

Selain lewat SMS, cara merubah nomer HP pada kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan juga dapat melalui aplikasi BPJSTKU dan website BPJS TK. Caranya log in ke akun kita, kemudian masuk ke hidangan profile, pengaturan kemudian ganti nomor handphone dengan memasukkan nomer hp yang usang dengan no henpon yang baru.

Gampang kan?

Nah, yang jadi persoalan bagaimana kalau kita lupa tidak ingat dengan nomor hp usang kita?

Karena mekanisme penggantian no handphone wajib memasukkan no henpon yang lawas, mau tidak mau kita harus mencari tahu nomor handphone usang kita tersebut. Mungkin dapat dengan cara bertanya kepada teman-teman atau sanak saudara yang barangkali masih ingat atau menyimpan no usang kita.

Atau dapat pribadi menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan melalui telepon di nomor (021) 1500910, dapat juga dengan kirim pesan lewat Official Facebook atau Twitter resmi BPJS Ketenagakerjaan. Layanan aduan baik lewat telepon maupun sosmed ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga pukul 22.00 WIB. Silakan sampaikan keluhan bahwa kita ingin mengganti nomor handphone pada akun BPJS Taman Kanak-kanak atau Layanan SMS 2757, tapi kita lupa dengan nomor hp kita yang lama.


Biasanya nanti kita akan dimintai data-data kepesertaan ibarat nama lengkap, nama ibu kandung, nomor referensi/no KPJ, NIK/nomor EKTP, dan kawasan tanggal lahir. Gunanya untuk melacak akun BPJS Ketenagakerjaan kita untuk kemudian dicek seluruh data-data kita termasuk nomor hp usang yang pernah kita masukkan.

Kalau sudah mendapat no hape yang lama, selanjutnya kita tinggal melakukan proses perubahan nomor yang petunjuknya sudah dijelaskan di atas.
Seperti itulah caranya ganti nomor henpon yang usang dengan no hp yang gres pada akun aplikasi BPJSTKU maupun pada Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek. Mudah-mudahan warta tersebut dapat menjadi solusi bagi teman-teman yang sedang resah bagaimana langkah-langkah merubah no hp pada layanan online BPJS TK. Terima kasih.