Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Otoritas Seo Bisnis Lokal

Setiap tahun di komunitas SEO, diskusi perihal otoritas situs menjadi semakin lazim. Karena Google telah membuat lebih banyak pembaruan untuk algoritma inti, yang sepertinya memperlihatkan peningkatan fokus pada otoritas dan relevansi.

Dan otoritas tentu mendapat pertimbangan yang lebih besar dalam evaluasi SEO yang lebih bagus, dikarenakan telah menjadi faktor yang sangat penting bagi SEO lokal selama bertahun-tahun.

Masuk logika bahwa otoritas akan menjadi faktor utama, seorang pengguna yang mencari layanan lokal kemungkinan besar akan menentukan merek yang mempunyai reputasi kuat.

Kepercayaan sangat penting dalam bisnis apa pun supaya gampang mengarahkan pelanggan untuk lebih sering berbelanja.

Jadi, bagaimana situs bisnis lokal membangun otoritas di komunitas atau di dalam niche mereka?

1. Membuat Konten yang Sangat Bermanfaat



Salah satu hal yang paling sering terdengar di komunitas SEO selama bertahun-tahun ialah ungkapan, "konten ialah raja / ratu".

Setiap kali seseorang menyampaikan ini, kita akan mendengar seseorang menjawab dengan "Saya memposting postingan di blog X setiap seminggu, tetapi tidak menghipnotis peringkat blog saya."

Alasannya sederhana, KUALITAS ialah mutlak.

Konten akan mendapat status "raja / ratu", ketika konten itu benar-benar menawarkan nilai. Pengguna / pencari gosip berharap pertanyaan mereka dijawab ketika melaksanakan pencarian dan mengeklik ke suatu situs yang relevan.

Dan Google tentu saja tidak akan menawarkan peringkat pada situs hanya alasannya ialah mengandung banyak basa-basi yang tidak relevan.

Membuat konten alasannya ialah uang, susah untuk membantu siapa pun.

Relevansi ialah Kunci


Saat membuat konten untuk bisnis lokal, salah satu pendekatan terbaik ialah menentukan keunikan pada konten situs yang sesuai dengan tema produk kita.

Jika kita sanggup mengidentifikasi peluang semacam itu, kita akan sanggup menyediakan konten di situs yang akan bermanfaat bagi demografis target, yang sanggup menjadikan datangnya calon pembeli.

Misalnya, kalau kita menulis konten untuk perusahaan jasa konstruksi di Jakarta, menulis perihal cara mendesain ruang bawah tanah dengan benar supaya terhindar dari kerusakan fondasi ialah masuk akal.

Jenis konten ini akan membantu memecahkan dilema utama (dan sangat relevan) pelanggan, sambil membuat kesadaran terhadap merek kita, kalau mereka membutuhkan perbaikan gedung atau bangunan.

Kuncinya ialah menjadi relevan dan benar-benar bermanfaat.

Jika Mungkin, Menjadi Sumber Daya Komunitas


Untuk beberapa bisnis lokal, menyerupai biro real estate, membuat konten yang memberi pertolongan sesuai dengan area yang kita layani ialah cara yang anggun dalam membantu membangun otoritas untuk situs web bisnis. Ketika orang mengunjungi jenis situs ini, akan sangat membantu kalau mempunyai lebih banyak gosip dan spesifik lokasi.

Tentu, ini bukan seni administrasi yang harus diimplementasikan oleh semua bisnis lokal di situs mereka. Saya sendiripun tidak mencari di situs web untuk mencari tukang potong rumput di area kecamatan saya pada tamat pekan, alasannya ialah saya sanggup memotong rumput sendiri dalam mengisi hari libur.

Saat membuat konten sumber daya lokal, penting untuk tetap menjaga niat dan relevansi, sehingga konten tidak menjadi cuek alasannya ialah tanpa tujuan yang jelas.

2. Berpikir Berbeda Tentang Tautan Lokal



Tautan untuk situs lokal bekerja sedikit berbeda kalau dibandingkan dengan situs perusahaan besar yang ingin menargetkan banyak demografi.

"Ada banyak tautan yang tidak mempunyai otoritas domain tinggi namun juga efektif". Ketika saya menyampaikan itu, saya tidak bermaksud bahwa kita harus berhenti melihat otoritas domain. Saya hanya menegaskan bahwa itu bukan satu-satunya metrik kualitas tautan, terutama mengenai tautan untuk situs lokal.

Selama bertahun-tahun, saya telah membaca postingan mengenai SEO lokal. Ketika mencari backlink ke situs lokal, kita perlu melaksanakan pendekatan gerilya. Karena itu telah menjadi bab dari pendekatan saya selama beberapa tahun, dan itu benar-benar selaras dengan saya.

Saya selalu menjadi orang yang percaya dalam melihat relevansi situs dan nilai yang akan didapatnya. Misalnya, ketika mendapat tautan dari situs dengan DA tinggi, pikirkan kekuatan mendapat sesuatu dari asosiasi lokal atau peluang menjadi sponsor pada situs yang diajak bekerja sama.

Bayangkanlah kalau kita sanggup mendapat tautan balik alasannya ialah mensponsori bisnis kecil setempat yang sejenis dengan bisnis kita dan bisnis kecil itu juga mempunyai situs.

Tautan itu tidak hanya akan membawa kekuatan relevansi lokal ke situs kita, tetapi kita juga mendapat manfaat menempatkan bisnis kita di depan pelanggan yang lebih berkualitas. Inilah alasan banyak sponsor melakukannya alasannya ialah sanggup mempunyai pemanis bahan pemasaran, dengan mendapat manfaat positif menjadi sponsor.

Dalam pengalaman saya di bidang SEO lokal selama beberapa tahun terakhir, jenis tautan ini jauh lebih memengaruhi bisnis lokal, terutama ketika dipasangkan dengan pondasi yang baik. Ini menyerupai mendapat sesuatu yang baik dalam dunia pemasaran di kurun digital melalui upaya membangun tautan untuk situs kita.

Cara ini memang termasuk SEO tradisional, namun tidak ada imbas jelek yang diperoleh kalau kita melakukannya dengan benar dan relevan.

Jadi, sebarkan sayap pemasaran tradisional ini dan dapatkan dampak positif sebanyak mungkin dari backlink.

3. Aktif & Jujur pada Ulasan



Selama beberapa tahun terakhir, ulasan pelanggan yang berkualitas menjadi semakin penting bagi keberhasilan bisnis lokal di dalam hasil pencarian.

Ketika seorang pelanggan meninggalkan ulasan bisnis yang terlihat publik, Google sanggup mendapat pemahaman yang lebih baik perihal apa yang pelanggan pikirkan perihal produk atau layanan kita.

Ini membantu membangun merek bisnis kita supaya lebih cepat didongkrak otoritasnya, yang sanggup menghasilkan kinerja yang lebih baik di SERP.

Dan jangan pernah meremehkan nilai yang ditawarkan ulasan tersebut kepada calon pelanggan.

Sekarang, harap perhatikan penggunaan kata "kualitas".

Jika kita mulai membaca bab ini dan segera mulai mencari cara terbaik untuk memainkan sistem dengan mendapat ulasan palsu, itu ialah jalan yang salah. Ulasan palsu ialah cara terbaik untuk membuat daftar Google My Business, akan tetapi akan ditandai menyebalkan oleh pelanggan kalau ternyata produk tidak sesuai dengan ulasan.

Kualitas ialah kunci di sini.

Google ingin melihat banyak sekali ulasan untuk bisnis dan satu-satunya cara untuk melaksanakan ini ialah dengan mendapat ulasan aktual dari pelanggan nyata.

Plus, ini akan memberi kita beberapa peluang untuk membangun otoritas di depan calon pelanggan di masa depan.

Sementara kita semua bahagia mempunyai ulasan bintang lima perihal bisnis kita dengan ulasan palsu, maka itu tidak akan bekerja pada sebagian besar waktu. Pelanggan akan murka di beberapa titik dan meninggalkan ulasan negatif. Apa yang kita lihat dengan ulasan itu ialah kuncinya.

Luangkan waktu untuk menanggapi pelanggan dan mencoba membuat pengalaman mereka lebih baik. Respon ini juga sanggup memperlihatkan kepada pelanggan di masa depan bahwa kita peduli untuk meningkatkan kualitas bisnis kita dan bahkan mungkin membantu secara positif menghipnotis keputusan pembelian mereka untuk bisnis kita.

Pastikan juga mengikuti fatwa untuk situs bisnis kita. Jika kita berupaya untuk mengarahkan lebih banyak ulasan ke bisnis kita, pastikan ulasan itu akan bertahan dan tidak ditandai alasannya ialah melanggar pedoman.

Jadilah Pihak yang Selalu Dicari Pelanggan


Otoritas ialah kunci ketika tiba ke SEO lokal dan itu benar-benar sanggup membantu bisnis tampil baik dalam hasil pencarian.

Dengan berinvestasi dalam membangun otoritas situs lokal, kita sanggup membuat imbas riak positif yang sanggup berdampak besar pada keseluruhan kampanye bisnis selama ini.

Jaga otoritas, terutama di dalam pikiran kita, dengan tetap action melaksanakan semua upaya di halaman dan di luar halaman situs.

Penting untuk selalu yakin bahwa kita akan melihat sebuah hasil positif. Mungkin butuh waktu untuk mendapat hasil yang bertahan lama, menyerupai yang kita inginkan selama ini, dalam waktu / jangka panjang.
Sumber https://www.andisyam.web.id/