Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[EDIT TIPS] Apa Perbedaan VFR dan CFR pada file Video?

 Apa Perbedaan VFR dan CFR pada file Video [EDIT TIPS] Apa Perbedaan VFR dan CFR pada file Video?

Jika kamu baru pertama kali belajar mengedit video, maka kamu akan menemukan bahwa file video dibagi ke dalam 2 jenis berdasarkan jenis frame rate yang digunakan. Yaitu VFR dan CFR. Jika kamu menggunakan software atau aplikasi perekam layar (screen recorder), baik pada pc maupun android, maka di dalamnya akan ditemukan pengaturan untuk memilih jenis frame rate untuk file video yang akan dihasilkan. Yaitu, antara VFR dan CFR. Apa perbedaan diantara 2 jenis frame rate ini?

⬥ CFR (Constant Frame Rate)
CFR adalah jenis frame rate pada file video yang mempunyai nilai tetap pada jumlah frame per detiknya. Contohnya, ada sebuah file video 30 fps berjenis CFR. Maka saat diputar, file video akan menampilkan 30 frame tiap detiknya secara flat. Dari awal video dimainkan, sampai selesai.

⬥ VFR (Variable Frame Rate)
VFR adalah jenis frame rate pada file video yang mempunyai nilai yang berubah-ubah pada jumlah frame per detiknya. Contohnya, ada sebuah file video 24 fps berjenis VFR. Maka saat diputar, file video akan menampilkan jumlah frame yang berubah-ubah tiap detiknya dengan maksimum 24 frame per detik. Untuk efisiensi, jumlah frame per detik akan berkurang saat video menampilkan warna solid atau gambar yang tidak bergerak.


Mana jenis frame rate yang paling baik? CFR atau VFR?
Semua sesuai kebutuhan. Secara umum VFR lebih baik, karena lebih efisien. Namun VFR memiliki sedikit masalah saat file video diproses pada beberapa software video editor, contohnya Adobe Premiere. Saat file video berjenis VFR di-import ke dalamnya, maka ada masalah dimana video akan kehilangan sinkron dengan audio. Jadi, jika file video butuh untuk melewati proses edit yang membutuhkan video dan audionya secara bersamaan, maka jenis CFR menjadi pilihan yang lebih baik.

Di atas adalah penjelasan jenis frame rate video CFR dan VFR secara garis besar. Sebenarnya masih ada penjelasan lebih mendalam seputar frame rate pada file video.

Artikel ini informatif? Baca juga artikel informatif lainnya seputar dunia game dan teknologi di weakwings.blogspot.com sankyu...

author: Akira Asayami


Sumber https://weakwings.blogspot.com/